Kamis, 03 Juli 2008

Bisnis Internet, Bisnis Menjanjikan

Nama-nama seperti Joko Susilo maupun Anne Ahira mungkin masing sangat asing diinternet khususnya internet marketing pada sekitar 5-7 tahun yang lalu ketika awal-awal internet booming di Indonesia, paling tidak inilah versi saya. Saya mengenal internet sekitar tahun 1999 awal.
Mereka tampil memperkenalkan dan menjual strategi-strategi bisnis di dunia maya atau yang kemudian dikenal dengan internet marketing. Joko Susilo dengan Formulabisnisnya, sedangkan Anne Ahira dengan Asian Brainnya.
Meskipun saya tidak tahu persis seperti apa kesuksesan mereka, tapi saya sangat yakin dengan keeksisan mereka sampai sekarang di internet marketing, dapat disimpulkan bahwa bisnis ini adalah bisnis yang menjanjikan.
Konon daftar 10 teratas orang terkaya di dunia adalah mereka yang bergelut di internet marketing. Pemilik google ternyata adalah dua anak muda bersaudara yang juga masuk daftar orang terkaya di dunia. Jangan bayangkan google hanya mesin pencari otomatis, mereka memiliki advertiser/pemasang iklan dari perusahaan-perusahaan terkemuka dunia. Mungkin masih banyak lagi contoh-contoh orang-orang sukses di bisnis ini.
Membangun jaringan bisnis di dunia maya mungkin gampang-gampang susah, meskipun oleh para pemilik bisnis seperti Anne Ahira dan Joko Susilo sangatlah mudah asalkan kata mereka kita tahu ”rahasianya”. Mereka sendiri membangun jaringan bisnisnya tidak dalam sekejap melainkan telah bertahun-tahun malang melintang memperkenalkan bisnisnya di internet. Maka jika sekarang kita berniat menekuni bisnis online dengan harapan bisa meraih sukses 1 – 2 bulan kedepan, mungkin inilah yang membuat bisnis ini terasa sulit, dan melahirkan prustasi.

Meski demikian berkaca pada mereka yang sukses, bisnis ini patut untuk dicoba. Tentunya dengan pengetahuan yang cukup dan tekad yang tidak setengah-setengah, membutuhkan konsentrasi karena biaya operasional yang tidak sedikit.

Tidak ada komentar: