Rabu, 02 Juli 2008

Mengenal Bisnis Google Adsense

Google.com, seperti yang diketahui semua orang adalah situs search engine paling popular di internet. Kemampuannya untuk mendeteksi kata kunci (keyword) secara brilian telah mengundang decak kagum banyak programmer dan penggunanya sehingga sampai sekarang kepopuleran Google tidak pernah dikalahkan oleh search engine manapun di jagat internet. Selain dikenal cepat, tanggap dan melakukan proses pencarian katakunci secara brilian, Google juga disukai karena tampilannya yang sederhana tanpa content yang memberatkan pengguna dan tanpa pop up alias iklan berjalan. Tapi, siapa sangka bahwa Google hampir setiap kali menyisipkan iklan mereka dalam bentuk tulisan (text ads) di sisi kanan situsnya dalam tampilan yang tidak mencolok.
Seiring dengan perkembangannya, Google bukan hanya berfungsi sebagai search engine yang popular saja, melainkan berubah menjadi agen advertisement yang paling popular karena traffic situsnya yang sangat tinggi (Google hampir selalu menduduki ranking 1 internet berganti-gantian dengan Yahoo! dan MSN). Kemudian Google memperluas ekspansinya di dunia internet dengan meluncurkan Gmail (free email pertama dengan kapasitas 1 Giga). Tidak hanya itu, Google juga memiliki blogger.com dan blogspot.com (blog gratis yang full features), belakangan Google meluncurkan orkut.com yang hingga detik ini ratingnya selalu naik mengejar Friendster.com yang merupakan rival terberatnya karena sudah dirilis dan dikenal banyak orang jauh hari sebelumnya.

Kini bisnis di dunia internet bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja mengingat pasarnya yang mahaluas. Dan tahukah Anda bahwa penopang dari semua bisnis internet, apa pun itu, termasuk Google tidak lain dan tidak bukan adalah iklan. Untuk itulah Google merilis Google Adsense jauh-jauh hari sebelum situs-situs lain yang kemudian mengikutinya seperti AdBrite, Bidvertiser dan sebagainya.
Apakah Google Adsense Itu?
Google Adsense adalah suatu program kelanjutan dari Google Adword, sedangkan GoogleAdwords sendiri adalah suatu program sistem pemasangan iklan pada Google dimana pemasang iklan akan membayar sekian dollar kepada Google berdasarkan jumlah “klik”. Google kemudian mengembangkannya dengan GoogleAdsense yang mana Google mengajak para pemilik website untuk ikut menampilkan iklan dari GoogleAdword tersebut pada pada website peserta dengan imbalan bagi hasil. Jadi apabila pemasang iklan GoogleAdwords membayar sekian dollar kepada Google untuk setiap klik-nya, maka sebagian dari dollar tersebut akan diberikan kepada pemilik website yang ikut serta dalam program ini.
Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Penghasilan Melalui Google Adsense?
Penghasilan yang didapatkan tergantung iklan yang ditempatkan di situs kita. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs. Ibarat stasiun televisi, Google akan menempatkan iklan yang sesuai dengan situs kita. Dengan metode ini, kita bukan hanya bisa menghasilkan uang melainkan juga menyalurkan hobi dengan menuliskan suatu tema yang kita sukai.
Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci welding mungkin cuma dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci finance misalnya bisa dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi ini disebut dengan High Paying Keyword.
Bayangkan jika kita bisa membuat situs yang dikunjungi 1000 orang per hari , dan asumsikan ada 10% yang mengklik iklan dengan komisi 1 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 100 dolar/hari atau 3000 dolar per bulan. Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan.
Mengapa Google Adsense Membagi Penghasilannya Kepada Orang Lain?
Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords masih dinilai belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet, oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs untuk memasang iklan google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense . Jika ada seseorang yang mengunjung situs peserta adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini disebut dengan nama pay per click (PPC).
Kapan Saya Memperoleh Pembayaran?
Apabila earning kita sudah mencapai diatas $100, maka Google akan membuat sebuah cek untuk dikirim ke alamat yang kita cantumkan saat mendaftar. Ingat, Google adalah perusahaan bonafide yang tidak mungkin bertindak curang terhadap Anda. Yang harus kita lakukan adalah membuat situs kita dikunjungi oleh banyak orang.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bro... mari beralih ke yang lebih menjanjikan.. klo adsense itu pelit... coba dech... tengok di

http://masenchipz.com/?p=53#more-53

itu ada beberapa sumber alternatif... klo pengin lebih stabil dengan penghasilan dari internet yaitu review produk... wokke... pisss bro...

www.masenchipz.com

Unknown mengatakan...

bener juga kata masenchipz gwa ikut ah
byme http://insitelink.com